Assalamu'alaikum Warahmatullahi wa barakatuh.... Sugeng rawuh wonten ing Blog KKG PAI SD Kecamatan Tepus ...Kula hangaturaken maturnuwun sampun kersa pinarak... Mugi-mugi migunani tumrapipun Panjenengan sedaya....Jazakumullahu khairan...

Qari Ahmad Saud_M Thoha

Rabu, 05 September 2018

Pelaksanaan MTQ Tahun 2018 di Kecamatan Tepus


Dengan keluarnya pedoman pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tahun 2018, maka Kecamatan Tepus akan segera melaksanakan MTQ tahun 2018 yang akan dilaksanakan Rabu, 26 September 2018. Kafilah Tepus akan siap memilah bibit unggul qori dan qori’ah yang nantinya juga akan dilagakan pada MTQ tingkat Kabupaten.
Adapun cabang dan ketentuan lombanya adalah :


1.      MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN (MTQ)

a.       Peserta dibagi tiga golongan;
1)      Golongan tingkat SD Putra  (Pa) dan  Putri (Pi)
2)      Golongan tingkat SMP Putra  (Pa) dan  Putri (Pi)
b.      Maqro’/ yang dibaca :
SD :  Diambilkan dari Al - Qur’an
1)      surat Al-Baqarah, mulai ayat 254 ( Maqro’ Putra )
2)      surat Al-Baqarah, mulai ayat 261 ( Maqro’ Putri )
SMP :  Diambilkan dari Al - Qur’an 
1)      surat Ali Imran, mulai ayat 190 ( Maqro’ Putri )
2)      surat An Nisa’, mulai ayat 105 ( Maqro’ Putra )

c.       Qira’ah yang digunakan adalah Qira’ah Imam ‘Ashim riwayat Hafsh dengan bacaan mujawwad.

d.      Lama waktu baca untuk tingkat;

1)               SD                   maksimal 7  menit
2)               SMP                maksimal 8  menit

e.   Unsur  Penilaian;

Penilaian terdiri atas ;
1)      Bidang Tajwid, nilai maksimal                                          :  30
2)      Bidang Fashohah, nilai maksimal                                     :  30
3)      Bidang Lagu dan Adab nilai  maksimal                           :  40    

2.      MUSABAQAH  PUITISASI  SARITILAWAH SD
a.       Peserta Lomba Sari Tilawah :
1)      Golongan tingkat SD Putra         
2)      Golongan tingkat SD Putri
b.       Ketentuan lomba  Saritilawah
1)        Saritilawah diambil dari terjemah Al Qur’an Departemen Agama.
2)      Ayat yang diterjemahkan adalah ayat yang dibaca oleh peserta MTQ dari kafilah yang bersangkutan, sebagai berikut:
a.       surat Al-Baqarah, mulai ayat 261 ( Saritilawah putra)
b.      surat Al-Baqarah, mulai ayat 254 ( Saritilawah putri )
3)      Teks puitisasi terjemah ayat diserahkan kepada Dewan Yuri pada waktu lomba.
4)      Pembacaan sari tilawah dilakukan dengan satu paket tampil dengan Musabaqah Tilawah Al Qur’an. Pembacaan tilawah selesai langsung dilanjutkan dengan pembacaan sari tilawah oleh peserta sari tilawah.
5)      Pembacaan saritilawah Al Qur’an  dengan puitisasi maksimal 7 menit
6)      Pembaca saritilawah al Qur’an saling berpasangan dengan pembaca al Quran (Qori’ laki-laki pembaca saritilawah Perempuan dan sebaliknya)
c.       Unsur yang dinilai :
1). Ketepatan Terjemah, nilai maksimal                                   : 40
2). Penghayatan dan Retorika                                                  : 30
3). Vokal dan Intonasi                                                            : 30

3.      MUSABAQAH TARTIL QUR’AN (MTtQ)

a.       Peserta dibagi tiga golongan;
1)      Golongan SD Putra dan Putri
2)      Golongan SMP Putra dan Putri
b.      Lama membaca bagi setiap peserta diukur
1)      Golongan SD                   : 6  menit
2)      Gololongan SMP             : 7  menit
c.       Unsur Penilaian.
Penilaian terdiri atas ;
1) Bidang Tajwid ,   nilai maksimal                             :  30
2) Bidang Adab dan Fashohah, nilai maksimal          :  30
3) Bidang Lagu dan Irama, nilai  maksimal                :  40
d.      Maqro’ Tartil ,  juz 1 sd. Juz 15
1)      Tingkat SD adalah diambil dari juz 1 – 4
a.       Putra : Al Baqarah mulai 121
b.      Putri : Ali Imran mulai 129
2)      Tingkat SMP adalah diambil dari juz 4 - 7
a.       Putra : An Nisa’ mulai 43
b.      Putri : An Nisa’ mulai 71


4.      MUSABAQAH HIFDZIL QUR’AN (MHQ)

a.       Peserta dibagi  tiga golongan :
1)      Golongan SD putra – SD putri
2)      Golongan SMP putra – SMP putri
b.      Waktu :
1). Lama waktu menghafal bagi setiap peserta diukur banyaknya hafalan dan  bukan lamanya waktu.
2). Tingkat SD , panjang bacaan setiap pertanyaan 3 – 5 baris
3). Tingkat SMP, panjang bacaan setiap pertanyaan 5 – 7 baris
c.       Maqro’ hafalan diambil dari Juz Amma, yaitu dari surat :
SD               QS 90 s.d. QS 102
SMP            QS 87 s.d. QS 102
d.      Setiap maqro’ terdiri dari 4 (empat) pertanyaan;
1)      Menghafal surat/beberapa surat yang ditentukan Hakim Penanya.
2)      Melanjutkan bunyi akhir ayat yang disebutkan Hakim Penanya.
3)      Melanjutkan bunyi awal ayat yang disebutkan Hakim Penanya.
4)      Menyebutkan surat apa setiap Hakim Penanya membaca ayat.
e.       Tanda (Isyarat) memakai bunyi bel/palu;
1)      Bunyi 2 (dua) kali pertama tanda persiapan peserta dan dimulai pertanyaan pertama.
2)      Bunyi 1 (satu) kali tanda peringatan apabila terjadi kesalahan kecil (Sabg al lisan) atau kesalahan besar (tawaqquf dan tarl al ayat).
3)      Bunyi 3 (tiga) kali di tengah-tengah pelaksanaan, sebagai tanda selesai satu pertanyaan dan selanjutnya pindah pertanyaan/sal berikutnya.
4)      Bunyi 4 (empat) kali sebagai tanda habis waktu dan pelaksanaan hafalan peserta selesai.
f.       Unsur  penilaian;
Penilaian dilakukan pada 3 (tiga) bidang;
1)      Bidang Tahfidz dimulai dari angka maksimal 50 kemudian dikurangi dengan  jumlah kesalahan, dan minimal diberi nilai 10
2)      Bidang Tajwid dimulai dari angka maksimal 25 kemudian dikurangi dengan jumlah kesalahan, dan minimal diberi nilai 5.
3)      Bidang Fashahah dan Adab dimulai dari angka maksimal 25 kemudian dikurangi demgan jumlah kesalahan, dan minimal diberi nilai 5.

5.      MUSABAQAH ADZAN (MAz), DOA SETELAH ADZAN DILANJUTKAN DENGAN IQOMAH
a.       Peserta dibagi tiga golongan;
1)      Golongan tingkat SD Putra
2)      Golongan tingkat SMP Putra
b.      Lagu bebas.
c.       Waktu lama adzan bagi setiap peserta menyesuaikan.
d.      Materi lomba adzan adalah lafadz adzan (bukan adzan subuh) dan doa setelah adzan serta  iqomah.
e.       Kriteria penilaian;
1)      Bidang Fashahah dan Adab                      nilai maksimal  : 50
2)      Bidang Vokal dan kejernihan suara,         nilai maksimal  : 30
3)      Bidang Lagu dan variasai,                         nilai maksimal  : 20

6.      LOMBA PIDATO/ CERAMAH AGAMA
a.        Lomba pidato/ceramah Agama adalah jenis lomba yang menekankan  kemampuan berkomunikasi menyampaikan pesan-psan Agama Islam secara lisan.
b.      Peserta lomba adalah siswa SD, SMP putra (Pa) dan putri (Pi).
c.       Judul Pidato Memilih diantara judul sbb:
1)      Tingkat SD:
a.       Akhlaq Rasulullah teladan bagi umat
b.      Berbuat baik pada tetangga
c.       Menjalin silaturrohmi
d.      Al Qur’an dan Pencerahan Hati Nurani
e.       Memelihara kebersihan lingkungan
2)      Tingkat SMP:
a.       Masyarakat Madani dalam perspektif Qur’an
b.      Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW
c.       Pelestarian Lingkungan Hidup
d.      Anak yang Berakhlaq mulia dambaan orang tua
e.       Al Qur’an sumber transformasi Budaya
d.      Setiap peserta diharuskan membawa teks pidato dan diserahkan kepada dewan juri pada saat lomba, sedangkan penyampaian pidato dilakukan tanpa teks.
e.       Waktu tampil tiap peserta maksimal 15 menit.
f.       Unsur yang dinilai:
1)      Kesesuaian isi dan judul , nilai maksimal                         : 40
2)      Retorika dan ekspresi mimik, nilai maksimal                   : 40
3)      Gaya bahasa , nilai maksimal                                           : 20
g.      Ketentuan lain :
1)      Materi pidato/ceramah agama dikuatkan dengan ayat-ayat Al Qur’an dan al Hadits, atau pendapat para Sahabat, Cendekia/ ulama.
2)      Disampaikan dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar
3)      Pidato boleh diselingi dengan humor yang menyegarkan dan memantapkan isi pidato.

7.      CERDAS CERMAT AGAMA (CCA)
a.       Peserta CCA dibagi dua golongan :
- Golongan tingkat SD
- Golongan tingkat SMP
b.      Materi CCA
1). SD              materi kelas 1 sampai kelas 5 dan kelas 6 Semester I.
2). SMP           materi kelas 7, 8 dan 9 Semester I.
Lingkup materi terdiri :
1)      Sesuai dengan standar isi kurikulum PAI (Kurikulum KTSP dan K.13)
2)      Juz ’Amma (SD QS 90 s.d. QS 114 , SMP  QS 87 s.d.  QS 114, SMA/SMK  QS 84 s.d. QS 114) dan ayat-ayat pilihan
3)      Ilmu tajwid
4)      Pengetahuan umum keagamaan
c.       Ketentuan CCA.
1)      Bentuk pertanyaan terdiri dari 2 tahap ;
Ø  Tahap pertama, pertanyaan wajib/jatah, berdasarkan paket soal yang telah diundi, bukan berdasarkan waktu.
Ø  Tahap kedua ,pertanyaan rebutan.
2)      Cara Menjawab pertanyaan/soal.
Ø  Pada periode pertanyaan wajib, jawaban hanya disampaikan oleh juru bicara dari regu masing-masing.
Ø  Sedangkan pada periode pertanyaan rebutan, setiap anggota regu dapat menyampaikan jawabannya.
d.      Penilaian dan Yuri;
1)      Setiap jawaban diberi nilai/score segera setelah jawaban mendapat koreksi Yuri, dengan ketentuan sebagai berikut;
(a)    Dalam periode soal pertanyaan wajib, setiap jawaban benar diberi nilai 100 (seratus) atau sesuai kadar benarnya, sedangkan jawaban salah diberi nilai 0 (kosong).
(b)   Dalam periode soal pertanyaan wajib, apabila regu yang mendapatkan bagian setelah diberi waktu 5 (lima) detik tidak menjawab pertanyaan yang diajukan kepadanya, ataupun menjawab tetapi tetapi salah 100%, soal tersebut diperebutkan oleh regu-regu lainnya. Apabila jawabannya betul diberi nilai 50, dan apabila jawabannya salah dikurangi 25.
(c)    Dalam hal peserta menjawab sebelum Dewan Yuri selesai memba-cakan soalnya diperbolehkan, Dewan Yuri segera menghentikan pembacaan soal dan mempersilahkan peserta menjawab. Apabila jawaban benar nilai 100 atau sesuai kadar kebenarannya, dan apabila salah nilai 0.
(d)   Dalam periode pertanyaan Rebutan setiap jawaban benar diberi nilai 100 (seratus), dan jawaban salah dikurangi 100 (seratus).
(e)    Dalam semua periode soal, peserta boleh menjawab sebelum soal selesai dibaca Dewan Yuri, dengan ketentuan penilaian sebagaimana tersebut diatas.
(f)    Dalam periode soal  rebutan, regu yang telah menekan bel dan telah diperintahkan oleh yuri untuk menjawab, dalam tempo 5 (detik) tidak menjawab, maka regu tersebut dikurangi 100.
2)      Tim Yuri terdiri seorang Penanya, Seorang Pengatur waktu, seorang Pemberi nilai dan seorang Pencatat nilai.

8.      MUSABAQAH MELUKIS ISLAMI
a.       Lomba Melukis Islami adalah jenis lomba yang menekankan kemampuan melukis dan menyesuaikan warna yang serasi pada lukisan sehingga mengandung nilai seni Islami. Bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan rasa keindahan dan kecintaan terhadap Islam.
b.      Golongan tingkat SD Putra  dan Golongan tingkat SD Putri;
c.       Lomba tanpa babak penyisihan langsung babak final.
d.      Melukis bebas dan bersifat naturalistik serta kreasi warna diserahkan kepada peserta.
e.       Lukisan bertemakan ”Menunaikan Ibadah haji 
f.       Nomor peserta ditulis di sudut kanan atas kertas kerja.
g.      Alat melukis (pastel dll) disiapkan peserta.
h.      Kertas padalarang putih berukuran 40 x 60 Cm disiapkan Panitia
i.        Unsur  penilaian meliputi;
1)      Kesesuaian warna dengan pola, maksimal   : 40
2)      Keindahan, nilai  maksimal                          : 30
3)      Kerapihan dan Kebersihan, nilai maksimal  : 30
j.        Waktu 240 (dua ratus empat puluh) menit atau 4 jam.

9.      MUSABAQAH SYARHIL QUR’AN (MSQ)
a.       Musabaqah Syarhil Qur’an adalah jenis lomba penyampaian pesan isi dan kandungan Al Qur’an dengan cara menampilkan bacaan, puitisasi terjemah dan uraian yang merupakan kesatuan yang serasi.  Bertujuan meningkatkan pemahaman dan penghayatan terhadap isi kandungan Al Qur’an sehingga terwujud suatu pengamalan nyata terhadap petunjuk dan bimbingan-Nya.
b.      Peserta dibagi dua golongan;
1)      Golongan tingkat SMP
c.       Waktu yang tersedia 10 – 15 menit meliputi;
1). membaca ayat,
2). puitisasi, 
3). kandungan/syarah.
d.      Peserta adalah regu yang terdiri dari 3 orang (Putra/Putri/Campuran), dengan tugas masing-masing:
1)      Satu orang membaca  ayat Al Qur’an dengan tilawah, tanpa teks.
2)      Satu orang pembawa puitisasi terjemah Ayat Al Qur’an (bukan terjemah biasa), dengan tanpa teks;
3)      Satu orang pengurai isi (pensyarah)  terhadap kandungan ayat Al Qur’an tersebut (layaknya berpidato) , tanpa teks.
e.       Setiap peserta menyiapkan 1 (satu) naskah yang diketik rapi dua spasi dengan sistimatika yang baik dengan pilihan tema sebagai berikut:
1)      Islam rahmatan lil ’alamin
2)      Pergaulan menurut Islam
3)      Dunia sebagai ladang bagi kehidupan akhirat
4)      Menjadikan Al-qur’an sebagai pedoman hidup
5)      Ilmu dan keutamaannya
f.       Naskah diserahkan bersama dengan pendaftaran.
g.      Penilaian MSQ meliputi;
1)      Bidang Tilawah dan Adab :   - dengan nilai 10 sampai 30.
2)      Bidang  puitisasi terjemah dan Materi :   - dengan nilai 10 sampai 40.
3)      Bidang Penghayatan & Retorika/Pensyarahan :  - nilai 10 sampai 30.

10.  LOMBA KHUTBAH JUM’AT (MKJ)
a.       Lomba khutbah Jum’at adalah lomba praktek khutbah dengan mengambil tema yang telah disediakan, dengan harapan dapat menjadi media melatih diri bagi kader-kader yang punya talenta di bidang tabligh.
b.      Peserta golongan tingkat SMP putra
c.       Lama waktu khutbah 15 menit.
d.      Setiap peserta membuat naskah khutbah dengan pilihan tema;
1)      Pelajar yang kreatif dicintai Alloh dan Rosulnya
2)      Pelajar calon pemimpin masa depan
3)      Mengatasi kenakalan remaja dengan berakhlak mulia
4)      Meraih kesuksesan dengan teman yang saleh
5)      Narkoba Musuh Bangsa
e.       Penentuan kejuaraan berdasarkan nilai tertinggi yang dicapai peserta lomba.
f.       Unsur penilaian terdiri dari;
1)      Rukun dan Fashohah, nilai maksimal                   :  50
2)      Isi/materi, nilai maksimal                          :  30
3)      Adab dan Penyampaian                            :  20

11.  LOMBA KALIGRAFI
a.       Lomba seni kaligrafi adalah jenis lomba yang menekankan kaidah seni khat (tulisan), keindahan dan kebenaran kaidah rasam Qur’ani.
Bertujuan untuk menumbuhkan rasa seni yang kreatif.
b.      Peserta dibagi dua golongan;
1)      Golongan tingkat SMP Putra                    –Golongan tingkat SMP Putri
c.       Kertas gambar berwarna putih berukuran 60 x 80 Cm disiapkan Panitia

d.      Materi Kaligrafi memilih salah satu Surat Al Qur’an  :
Al-Quran Surat An-Nas, Al-Falaq, Al-Ikhlas, al-Lahab dan An-Nasr
e.       Kaligrafi yang dilombakan adalah Cabang Dekorasi.
f.       Jenis khat  dapat memilih satu diantara  6 macam (Naskhi, Tsulutsi, Diwani, Farisi, Riq’i dan Kufi)
g.      Waktu 240 (dua ratus empat puluh) menit atau 4 jam.(dari pukul 08.00 s/d.12.00 ).
h.      Nomor peserta ditulis pada sudut kanan atas kertas kerja.
i.        Unsur  penilaian terdiri dari;
1)      Kebenaran Kaidah , nilai minimal 10 maksimal       : 40
a. Bentuk dan proporsi huruf, nilai 20
b. Jarak spasi dan letak  huruf,  nilai 10
c. Keserasian dan komposisi antara huruf, nilai 10          
2)      Keindahan Tulisan, nilai minimal 10 maksimal       : 30
a. Kekayaan imajinasi, nilai 20
b. Kebersihan, nilai 5
c. kehalusan, nilai 5
3)      Keindahan Hiasan, nilai minimal 10  maksimal       : 30
a. Kekayaan imajinasi dan tata warna, nilai 20
b. Keserasian Format, nilai 5
c. Kebersihan/Kehalusan, nilai 5





Tidak ada komentar:

Posting Komentar